Langsung ke konten utama

Statistik Valentino Rossi

Beberapa fakta dan angka-angka yang berhubungan dengan kemenangan juara dunia delapan kali Valentino Rossi (5 kali juara dunia kelas MotoGP dan 3 kali juara GP) selama karirnya hingga mencapai 100 kemenangan akan kita coba ungkap, diawali dengan kemenangan pertama di Sirkuit Brno pada 1996 kelas 12cc hingga seri ketujuh MotoGP, Alice TT Assen.

-100 kemenangan dimulai dengan GP (Grand Prix), dengan rata-rata kemenangan 46,1%

 -Kemenangan Rossi diraih dengan menggunakan enam motor yang berbeda : 125cc Aprilia (12 kali juara), 250cc Aprilia (14 kali juara), 500cc Honda (13 kali juara), 990cc Honda (20 kali juara), 990cc Yamaha (25 kali juara) dan 800cc Yamaha (16 kali juara)

 -Pembalap Yamaha dengan kemenangan hingga 41 juara dibandingkan dengan pembalap dari Yamaha lainnya, Phil Read yang hanya mengemas 39 kemenangan selama membela tim "garpu tala".

-Memenangi sirkuit GP dengan 27 sirkuit yang berbeda. Sirkuit yang lebih banyak menjadi saksi keperkasaan pembalap asal Urbino ini yaitu sirkuit Mugello dan Catalunya dengan masing-masing meraih juara sebanyak sembilan kali.

-Kemenangan terbanyak hingga 11 kali dalam satu musim balapan diraih pada : 1997 (125cc), 2001 (500cc), 2002 dan 2005 di kelas MotoGP -Mencatat rekor kemenangan hingga 11 kali pada musim balapan 1997, merupakan kemenangan terbanyak di kelas 125cc.

-Rossi mencatat kemenangan sebanyak 74 kali di kelas utama, lebih banyak dari pembalap lainnya selama 61 tahun sejarah balapan Grand prix (GP).

-Kemenangannya di Jerez tahun ini menjadikannya sebagai pembalap pertama yang meraih kemenangan berturut-turut selama 14 musim.

-Total lamanya karir sejak awal kemenangan di Brno pada 1996 kelas 125cc hingga kemenangan terakhir di Assen yaitu 12 tahun 313 hari. Tercatat hanya empat rideryang memiliki karir panjang di Grand Prix yaitu : Loris Reggiani, Phil Baca, Angel Nieto dan Loris Capirossi.***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Simbol Dibalik Helm GP Pro Valentino Rossi

Seorang Valentino Rossi selalu punya cara untuk berbagi kegembiraan untuk orang-orang sekitarnya. Di MotoGP Italia, Rossi mengenakan helm spesial yang bergambar wajahnya sendiri. Helm AGV hasil rancangan seorang desainer otomotif terkemuka, Aldo Drudi . Tak hanya di seri Mugello mengenakan helm spesial juga saat bertepatan dengan event Piala Eropa mengenakan helm dengan desain berbentuk bola sepak. Begitu pun desain Yamaha M1 nya sengaja dirancang menyerupai jersey Timnas Italia yang saat itu sedang bertanding di Piala Eropa. Valentino Rossi seorang Internisti makanya tidak heran saat menjuarai   Jelas, wajah Rossi yang gembira tak hanya terdapat di helm itu saja. Tawa lebar tentu juga layak ditunjukkan oleh Rossi karena kemenangan ini diraih di hadapan puluhan ribu penggemar setianya. Diakui Rossi, kehadiran para pendukungnya sedikit membuatnya tertekan sepanjang akhir pekan ini. "Wajah saya sekarang sedikit lebih lelah dibanding yang ada di helm," gurau Rossi diku

Helm AGV Valentino Rossi Di Sirkuit Mugello

Helm rancangan Aldo Drudi ini dihiasi dengan wajah Valentino Rossi dengan ekspresi wajah gembira dengan mulut terbuka. Hal ini menggambarkan kegembiraan Rossi saat balapan di rumah nya sendiri. Selain itu corak dari helm tersebut mengekspresikan wajah Valentino Rossi saat memacu Yamaha M1 nya dengan kecepatan diatas 300 km/jam.

MotoGP Konfirmasi Musim 2018, Perubahan Jadwal Tes 2019

MotoGP konfirmasi sees tes pramusim 2018.* Sebagaimana rumor yang telah berkembang sebelumnya, pembatasan tes private terbaru pada 2018, satu dari tiga tes pramusim resmi juga diberlakukan untuk musim 2019, demikian dilaporkan laman Crash. Perubahan ini mengikuti permintaan tim yang menggunakan lima hari tes private guna memperoleh kesempatan yang banyak dalam melakukan set-up jelang balapan akhir pekan. Pengujian juga dilarang selama liburan musim panas pada musim mendatang. Keputusan untuk mengurangi salah satu tes pra-musim resmi untuk musim 2019 terutama sebagai tanggapan terhadap meningkatnya jumlah seri balapan, Thailand masuk kalender MotoGP mulai musim 2018 dan Finlandia pada 2019, dan negara lainnya menyatakan ketertarikannya untuk menggelar MotoGP. Jadwal sesi tes pra-musim 2018 yakni di Sepang, Buriram dan Losail. Buriram menggantikan Phillip Island dalam hal pengumpulan data (terutama data ban) jelang GP Thailand yang digelar pada Oktober 2018.***